Cara membuat Dodol Labu Kuning Mudah dan Legit

Cara Membuat DODOL Labu Kuning  Mudah dan Legit

dodol labu kuning


Beberapa waktu yang lalu aku di beri oleh-oleh labu kuning besar dari ibu mertua. Beliau baru saja dari rumah kakak ipar yang kabarnya sedang panen labu kuning. Labu berukuran raksasa tersebut sangat besar, cukup lama dibiarkan begitu saja di dapur. Sayang kalau mau di masak untuk buat kolak banyak sekali barangkali satu panci berukuran jumbo juga gak akan muat menampung labu tersebut jika di buat kolak, lagi pula siapa yang memakannya nanti jika di buat kolak, paling-paling gak akan setengahnya bisa dihabiskan oleh kami sekeluarga kecil itu pun sudah di oper sana kemari ke tetangga kanan kiri.


Diolah sebagian pun nanti akan mubazir yang sisanya juga gak akan awet jika sudah dibelah. Yah, jadi gimana dong?

Akhirnya Nyonya searching di google tentang olahan labu kuning yang awet dan tahan lama. Beberapa resep merujuk ke suatu olahan yang cukup populer yaitu dodol. Aha! Aku tertarik nih membuat dodol labu kuning siapa tau nanti disukai oleh anak-anak.

Ini dia bahan-bahan membuat dodol labu kuning :


Labu kuning satu buah

Tepung ketan 2 bks (cairkan dengan santan secukupnya)

Santan kelapa 1 buah (1liter)
Gula merah 1 kl
Vanili secukupnya

Cara membuat :


Bersihkan labu kuning lalu kukus hingga empuk, jika tidak mau mengupas kulitnya (karena keras banget cuy) kamu bisa memisahkan kulit dan daging buahnya saat sudah mateng. Mudah kok tinggal ambil menggunakan sendok makan pisahkan kulit dan dagingnya. Tapi kalau kamu rajin ya kupas saja kulit luarnya saat sebelum mengukus.

dodol labu kuning
aduk terus adonan sampai mengental dan tidak lengket


Taruh daging labu yang telah empuk ke dalam wadah lalu haluskan dengan menggunakan garpu bisa juga dengan menggunakan gelas, ditekan-tekan gelasnya sampai semua daging labu hancur dan halus. Atau kalau mau lebih praktis lagi kamu bisa menggunakan blender, suka-suka kamu deh.


dodol labu kuning


Setelah labu halus masak santan hingga mendidih lalu kecilkan api. Masukkan labu, santan kelapa dan gula merah lalu aduk hingga adonan mengental. Ingat ya, membuat dodol itu butuh perjuangan dan kesabaran tingkat tinggi karena proses pengadukannya yang cukup lama. Kalau dihitung-hitung lebih dari 3 jam mengaduk adonan sampai benar-benar mengental.

Saran saja sebaiknya kita meminta bantuan orang terdekat untuk mmenagaduk karena adonan tidak boleh ditinggal sama sekali harus terus diaduk, karena rawan gosong, haha. Jadi mesti sabar ya guys saat mengaduk adonan hingga selesai.

artikel lainnya : Resep camilan sederhana

Sebaiknya juga menggunakan tungku api agar mudah untuk mengaduknya, pengalamanku jika menggunakan tungku api kita bisa menggunakan kuali yang besar dan adukan yang panjang sehingga maksimal proses mengadonnnya dan meminimalisir adonan gosong.

Nah, setelah adonan agak mengering terus aduk bagian bawahnya karena rawan sekali gosong, setelah adonan sudah terlihat mulai mengering angkat kuali dan siapkan cetakan yang telah diolesi minyak agar tidak lengket.

dodol labu kuning
proses membungkus dodol labu kuning dengan plastik


Masukkan adonan ke cetakan tunggu sampai dingin dan mengeras. Siapkan plastik pembungkus dan kertas minyak. Potong-potong adonan sesuai selera lalu bungkus adonan dengan plastik serta dibalut dengan kertas minyak agar telihat lebih cantik dan rapi.

artikel lainnya : Resep Spaghetti saus ayam sederhana


dodol labu kuning
taraa sudah jadi satu toples 


Susun ke dalam toples. Taraa dodol labu kuning siap disantap. Lebih nikmat lagi jika disajikan bersama teh saat santai sore bersama keluarga.

Tempo hari aku mendapatkan satu toples penuh nih, lumayan buat menghemat jajanan si kecil

Selamat menikmati.


Comments

Popular Posts