Masakan Khas Bengkulu terbuat dari tepung Beras

Happy kuliner, kuliner Tua kali ini akan berbagi tentang resep masakan khas dari Bengkulu yang terbuat dari tepung ketan

makanan khas bengkulu

Lemang merupakan panganan khas dari beberapa daerah di Indonesia termasuk Bengkulu. Lemang di Bengkulu biasa ditemukan pada acara acara adat maupun pesta pernikahan. Namun sekarang lemang banyak di jual di pasar-pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh.



Bentuknya yang khas membuat lemang menjadi panganan unik nan lezat. Keunikannya karena lemang dimasak di dalam batang bambu sehingga memiliki aroma yang sangat khas.

Cucur

Cucur adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras di beri gula merah dan diadon hingga dapat dibentuk, lalu di goreng hingga matang. Cucur yang tekenal di Bengkulu adalah cucur yang dibentuk seperti roda, bentuknya padat dan cenderung kering. Bia di makan akan lumer di mulut, sungguh sangat enak. 

makanan khas bengkulu



Bubur Sumsum

Bubur sumsum banyak terdapat di Bengkulu, karena termasuk mudah cara pembuatannya. Bubur sumsum dibuat dengan cara memasak tepung beras bersama santan hingga mengental dan tidak lengket. Setelah itu bubur disiram dengan kuah gula merah, hmm yummy.

makanan khas bengkulu

Juada Keras

Juada keras adalah olahan tepung beras yang digoreng bersama santan kelapa. Bentuknya tipis menyerupai keripik pangsit. Biasanya Juada Keras banyak ditemui saat lebaran tiba, perayaan pernikahan atau acara pesta. Juada keras sangat renyah kaena rasanya yang gurih dan enak. 

Cendol

Cendol adalah salah satu minuman khas yang terbuat dari olahan tepung beras. Tepung beras akan dimasak bersama air kapur sirih, lalu di saring dengan cetakan cendol dan didinginkan hingga terbentuklah cendol yang bentuknya bulat panjang seukuran kelingking anak-anak. Cendol akan disajikan bersama kuah santan dan air gula merah serta es batu. namun ada beberapa daerah yang lebih menyukai cendol panas daripada dingin, kamu akan merasakan nikmatnya cendol segar maupun cendol  hangat dengan cita rasa khas serta wangi pandan yang menyegarkan. 


cendol khas bengkulu


Lepat pisang

lepat pisang terbuat dari adonan tepung beras yang dimask bersama santan lalu di kukus bersama potongan pisang jantan yang telah matang lalu di bungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Lepat sangat enak disajikan bersama teh hangat. Lepat sangat populer di kalangan kue-kue tradisional Bengkulu dan sering disajikan saat acara besar seperti pernikahan. 

masakan khas bengkulu


Nah inilah masakah khas Bengkulu yang terbuat dari tepung beras yang perlu Anda ketahui, JIka berkunjung ke Bengkulu jangan lupa untuk berburu makanan tersebut ya!

Comments

Popular Posts