Resep Kimlo Lezat sedap dan Mudah

Happy cooking

resep kimlo mudah


Minggu pagi, saatnya ke pasar dan beres beres isi lemari es. Maklumlah sebagai ibu bekerja saya mesti menyiasati untuk  stok persediaan bahan makanan selama seminggu full. Karena tidak mungkin saya harus menunggu mamang sayur sementara tiap pagi harus terburu-buru mempersiapkan anak-anak ke sekolah.


Nah berhubung hari minggu agak santai, maka aku mau menulis resep Kimlo yang sudah dicoba di rumah dan menurut suami dan anak-anak enak. Hehe...

Kimlo adalah makanan pendamping nasi yang cukup populer di masyarakat. Hampir setiap acara hajatan kita temukan sup kimlo, karena rasanya yang segar, gurik dan lezat.

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, bumbu Kimlo mudah didapat karena merupakan bumbu sehari hari yang sudah sering digunakan di dapur.
Resep Kimlo Enak, lezat dan mudah

Bahan

Soun bungkus kecil aku pakai 2 bks
Ayam 1/4 kg (ayam kampung lebih bagus)
Udang ukuran besar aku pakai 2 ekor
Baso pentol kecil (1/4 kg)
Wortel 2 bh
Bunga sedap malam 1 ons
Jamur kuping 1 ons

Bumbu

Bawang putih 6 siung (dicincang halus)
Bawang merah 4 siung
Merica 1/2 sdt
Jahe 3 ruas jari geprok
Seledri 3 batang iris halus
Bawang goreng
Garam
Gula
Kecap manis 1 sdt
Kecap asin 1 sdt

Cara membuat

Rebus ayam hingga empuk, matikan api lalu potong ayam kecil-kecil menyerupai dadu. Sebaiknya pisahkan fanging dengan tulangnya.

Tumis bumbu halua hingga harum, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam. Masak hingga mendidih. Lalu masukkan baso, wortel, bunga sedap malam dan jamur.

Rendam soun dalam air panas sebentar, angkat tiriskan. Susun dalam mangkok soun lalu tuangkan kuah kaldu dan isi yang lain, taburkan seledri dan bawang goreng.
Siap dihidangkan.

Sup kimlo lebih lezat dimakan bersama nasi putih dan kerupuk.

Saat sup kimlo masih diatas kompor berkali-kali si adik menghampiri dan mengatakan bahwa masakan umi kok harum sekali. Saat masakan dihidangkan berkali kali adek minta tambah, padahal jarang jarang dia makan selahap itu.

Tuh kaan, si adek sudah bisa menilai mana yang enak dan tidak, yuk bunda kita masak sup kimlo

Comments

Popular Posts